<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Jumat, 28 Oktober 2011

Bismarck


 Bismarck, kapal perang tipe Battleship merupakan kapal raksasa milik Jerman. Dinamai sesuai dengan nama mantan Kanselir Jerman, Otto Von Bismarck. Berbobot 56,000 ton, kapal ini merupakan monster di laut milik Kriegsmarine, angkatan laut Jerman. Meriam terbesarnya berukuran 15,5 inci, serta dilengkapi 8 buah tabung torpedo. Bismarck dilapisi baja setebal 32 sentimeter, dan dapat melaju 30 knot. Dapat dikatakan, Bismarck adalah perpaduan sempurna dari Kecepatan, daya gempur, dan pelindung yang ideal.

  Bismarck keluar dari pangkalan Jerman di Kiel pada 19 Mei 1941. Untuk memulai operasi pertama sekaligus terakhirnya, "Ganggu aktivitas perdagang Inggris di Atlantik.", perintah Hitler. Maka, Bismarck dikawal Prinz Eugen, kapal jenis Penjelajah berat berbobot 10,000 ton, berangkat meninggalkan Kiel. Setelah pelayaran yang melelahkan, Bismarck bertemu dengan lawan yang sepadan. HMS Hood, sejenis dengan Bismarck mulai menembak dahulu. Namun, yang ditembaknya ternyata Prinz Eugen !! Bukan Bismarck. Sementara, Bismarck dan Prinz Eugen menembak ke arah Hood.

  Hood akhirnya tenggelam setelah ditembaki selama beberapa menit. Hampir sebagian awaknya tewas. Sementara kapal pengawalnya, HMS Prince of Wales berhasil melarikan diri. Namun, pembalasan Inggris segera dimulai. Prinz Eugen diperintahkan kembali ke pelabuhan Brest di Prancis. Hanya beberapa hari setelah tenggelamnya Hood, Bismarck dapat dikirm ke dasar laut. Beberapa kapal perang Inggris, didukung pesawat tempur, mengeroyok Bismarck secara berbarengan. Hanya 114 dari sekitar 2000 awak Bismarck yang selamat. Sebuah tamparan bagi rakyat Jerman.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar