<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Minggu, 31 Oktober 2010

Perang 6 hari


Perang 6 hari merupakan perang yang terjadi di Timur tengah dan merupakan perang yang cukup singkat. Perang terjadi antara Israel dengan negara-negara arab,diantaranya yaitu Mesir, Syria (Suriah), dan Yordania. Perang dimulai tanggal 5 Juni 1967. Perang dimulai dengan invasi Israel ke sebuah desa di Yordania. Selanjutnya, Mesir mengusir pasukan PBB dan mengirim tentara beserta ratusan tanknya menuju semenanjung Sinai dengan dukungan puluhan pesawat Angkatan Udara Mesir. Suriah juga sudah memulai peperangan dengan Israel di dataran tinggi Golan. Dengan gabungan tentara Yordania dan Irak, jumlah pasukan negara-negara arab di dataran tinggi Golan mencapai 307.000 tentara didukung 2500 tank dan 1000an pesawat tempur. Israel sendiri hanya berkekuatan 260.000 prajurit dan 800 tank yang didukung 300 pesawat tempur.

Kendati lebih banyak dalam jumlah, kualitas mungkin lebih menentukan. Pada pertengahan perang, Israel mengirim 300 pesawat tempur untuk menyerang angkatan udara Mesir di kandangnya sendiri. Pangkalan udara Mesir yang yang tidak dijaga ketat membuatnya menjadi sasaran empuk Israel. Pesawat Mesir tidak berdaya mencegah serangan ini. Akibatnya, Mesir kehilangan 300 pesawat tempur dan 100 pilot dalam semalam. Angkatan Udara Israel juga menyerang pangkalan Udara Suriah, Yordania dan Irak secara bertubi-tubi hingga hancur. Di darat, pasukan utama Mesir yang berjumlah ratusan ribu dan didukung ratusan tank telah gagal mempertahankan Terusan Suez dan ditarik mundur dari semenanjung Sinai. Di dataran tinggi Golan, Suriah yang memiliki 75.000 perajurit tidak berdaya menghadapi Israel. Sekali lagi faktor keunggulan di udara yang membuat Israel mampu mencapai kemenangan begitu cepat.Beberapa negara arab juga menuduh Inggris dan AS membantu Israel.

Hasil akhirnya, Israel kehilangan 10.000 prajurit. Mesir kehilangan hampir semua peralatan tempurnya, serta 10.000 prajurit juga tewas, 10.000 ditangkap dan kurang lebih 20.000 luka-luka. Suriah dan Yordania kehilangan 3000 prajurit, 3000 luka-luka, dan hampir seluruh kendaraan lapis baja dan artileri Suriah hancur di dataran tinggi Golan. Suriah juga negara yang berperang selama 6 hari penuh. Sisanya sudah mundur. Israel juga mendapat wilayah baru seperti dataran tinggi Golan, Tepi Barat, semenanjung Sinai (tapi dikembalikan ke Mesir) dll. Gencatan senjata lalu disepakati. Kesimpulannya, kekalahan bagi negara-negara Arab.



                           Dataran tinggi Golan yang direbut Israel dari Suriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar