<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Rabu, 27 Oktober 2010

Republik Islam Iran


Republik Islam Iran berdiri pada tahun 1979. Sebelumnya,telah berdiri republik Iran dibawah pimpinan syah Iran. Tapi,kedekatan syah dengan barat membuatnya tidak disukai rakyat Iran.Sehingga rakyat dibawah pimpinan Ayatullah Ruhollah khomeini mengadakan revolusi. Revolusi berhasil sehingga berdirilah Republik Islam Iran.        

Hanya kurang lebih 1 tahun setelah berdirinya, Iran telah terlibat perang dengan Irak yang berlangsung selama 8 tahun. Kedua pihak sama kuat sehingga perang menjadi berlarut-larut. Perang akhirnya diakhiri dengan gencatan senjata. Iran yang memiliki cukup banyak minyak mulai membangun ekonomi, militer dan pembangunan fisik negaranya setelah perang yang melelahkan dengan Iraq. Dengan berhubungan erat dengan Rusia dan Cina, serta membina hubungan baik dengan Syria (Suriah), Iran mampu menjadi kekuatan yang cukup dominan di Timur Tengah. Iran terbagi atas 30 provinsi. Ibukotanya adalah Teheran. 

Iran sekarang menjadi pusat perhatian dunia karena pengembangan nuklirnya. Beberapa negara curiga Iran tengah mengembangkan senjata nuklir.Posisinya yang dominan sejak jatuhnya Saddam Hussein di Iraq serta angkatan perangnya yang cukup kuat membuatnya disegani sekaligus ditakuti di Timur Tengah.

                                                       Imam Khomeini


                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar