<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Senin, 14 Februari 2011

Persahabatan antar agama

Sekarang, saudara-saudara dapat melihat, terutama di Indonesia bahwa kerukunan antar umat beragama sedikit terganggu dengan peristiwa penyerangan terhadap gereja-gereja di kota Temanggung, Jawa Tengah. Perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan dalam ajaran agama dan sekaligus perbuatan yang keji dan kejam. Para perusuh merusak sedikitnya 3 gereja, meskipun tidak terdapat korban jiwa.

Peristiwa ini selain sangat disesalkan, juga menodai semangat gotong royong dan kebersamaan bangsa Indonesia yang sebenarnya sudah ada sejak bangsa ini muncul dalam sejarah, yang berarti sebelum Indonesia berada dalam cengkeraman kolonialisme Belanda. Kita tentu pernah mendengar kerukunan antara ummat Budha dan Hindu pada masa kerajaan Mataram lama. Juga cerita tentang Sunan Kalijaga, salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan agama Islam dengan Wayang Kulit, salah satu budaya Hindu.

Intinya, kita sebagai orang yang taat beragama dan berperikemanusiaan tentu jangan sampai terpengaruh oknum-oknum anarkis. Anarkisme tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan menambah masalah. Masyarakat sekitar gereja terbukti membantu para pengurus gereja menyelamatkan diri saat terjadi peristiwa tersebut. Kita tentu tidak ingin persatuan kita rusak hanya karena perbedaan agama, suku, bahasa, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar